Dr. Salim: Alasan Penanggulangan Pandemi, Prinsip Demokrasi Dikorbankan

 

Jakarta– Pandemi membawa dampak besar khususnya dalam sosial politik, beberapa pemerintahan di dunia mulai memperkuat eksekutif dengan konsekuensi melemahnya demokrasi, pandemi membawa dampak yang lebih luas dengan membebani sosial politik, memperburuk dengan banyaknya kasus korupsi, dan menegangnya hubungan antara pemerintah pusat dan daerah.

Hal ini disampaikan Ketua Majelis Syura PKS, Dr. Salim Segaf al Jufri, pada Forum Dialog PKS 5 Benua dengan tema Penanggulangan Covid 19 di 5 Benua yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS, Ahad (29/8/2021). Acara yang digelar secara virtual mengundang perwakilan pengurus PKS di luar negeri.

“Beberapa negara sudah mengamandemen konstitusi mereka dengan memperkuat kekuatan eksekutif, atau memeperpanjang masa jabatan, demokrasi semakin melemah, sedangkan otoritarian dan pupulisme menguat akibat pandemi,” tutur Dr. Salim.

Menteri Sosial RI 2009-2014 itu juga menyinggung peran pemerintah Indonesia dalam menanggulangi pandemi Covid 19 dengan tidak mengambil opsi Karantina Kesehatan seperti yang tertera dala UU no 6 tahun 2018, melainkan dengan membuat istilah baru seperti PSBB dan PPKM yang tidak terdapat di negara lain.

Dr. Salim kemudian menegaskan dua peran yang harus dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera dalam menghadapi wabah covid 19, pertama dengan memastikan prinsip dan nilai-nilai demokrasi agar tetap terjaga, dan membangun solidaritas serta kepedulian sosial dengan masyarakat yang terdampak pandemi.

“PKS harus muncul sebagai kekuatan yang menjaga tegaknya prinsip dan nilai demokrasi ditengah hantaman pandemi Covid 19, saat ini semua pemerintahan di dunia menghapadi godaan yang sangatberbshaya, atas dasar penanagan pandemic,covid maka prisnip prinsip demorasi dikorbankan,” tegas Dr. Salim.

“Serta menunjukkan kepedulian dan dan solidaritas bagi mereka yang rerdampak covid 19 dimanapun mereka berada, maka sudah jadi kewajiban bagi kita seluruh kder PKS untuk membantu mereka yang membutuhkan pertolongan,” pungkasnya.

Rep: Arya Humas DPP PKS

 

Share This

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Asslamualaikum Bisa Kami Bantu..

By
HUMAS DPD PKS DELI SERDANG